Search this blog


Home About Contact
Kamis, 19 November 2009

tips menghadapi masalah  

Didalam kehidupan seseorang tidak akan pernah lepas dari suatu permasalahan. Dan permasalahanpun tidak akan selesai hanya dengan menangis (buat kaum hawa) kekerasan (buat kaum adam). Karena biasanya seorang wanita dalam penyelesaian masalah lebih condong menggunakan perasaan sedangkan pria menggunakan logika. Berikut ini ada sedikit tips menghadapi masalah buat kita semua yang sedang menghadapi permasalahan :
  • Ketika kita mendapatkan masalah cobalah untuk menarik nafas sedalam-dalamnya terlebih dahulu…Lalu ambilah wudhu,kalau anda mau..mandi besarlah karena itu akan lebih merefreskan otak anda. Karena seorang yang mendapatkan masalah tidak akan bisa langsung berfikir yang ada hanyalah emosi kesedihan, kemarahan, ataupun penyesalan. Setelah itu cobalah anda shalat 2 raka’at…Berdoa’alah kepada Allah agar dipermudahkan dalam menyelesaikan masalah, jika anda ingin menangis maka menagislah…jika anda ingin berteriak berteriaklah…jika itu bisa meredakan sedikit beban dari permasalahan itu.
  • Setelah anda sedikit lega dan fikiran anda mulai tenang. Cobalah untuk bisa menerima permasalahan itu dengan lapang dada, anggaplah ini cobaan dari Allah untuk menguji keimanan kita.
  • Sederhanakanlah permasalahan yang kita hadapi sesederhana mungkin karena Allah tidak akan memberikan cobaan diluar batas kemampuan hamba-Nya.
  • Cobalah untuk santai tapi serius dalam menghadapi masalah.
  • Fikirkan jalan keluar terbaik untuk menghadapi permasalahan, jika anda memerlukan bantuan orang lain jangan segan-segan untuk meminta bantuan. Karena itu akan meringankan beban anda…
  • Jika sudah menemukan solusinya, langsung saja selesaikan masalah tersebut agar tidak berlarut-larut, karena masalah jika didiamkan saja akan semakin membesar.
  • Setelah permasalahan selesai…cobalah anda introspeksi diri, agar anda bisa merenungi hikmah dari permasalahan yang anda hadapi. Jadi kesalahan ataupun permasalahan tidak terulang lagi.

Terkadang dengan adanya masalah, kita akan menjadi seseorang yang belajar untuk lebih dewasa lagi karena kita ditunutut untuk mencari solusi yang baik dan bijak dalam permasalahn tersebut. Janganlah menganggap permasalahan itu adalah suatu musibah besar, cobalah untuk berfikir bahwa masalah yang anda hadapi sebagai ujian keimanan kita. Tidak ada masalah yang tidak bisa terselesaikan…karena Allah SWT menciptakan masalah seseuai dengan dengan batas kemampuan umat-Nya.
Terkadang masalah tidak akan menjadi masalah jika kita menganggapnya bukan masalah… Semoga tips menghadapi masalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua



Link ke posting ini

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories



19 komentar : to “ tips menghadapi masalah

Poskan Komentar