Search this blog


Home About Contact
Jumat, 30 Oktober 2009

cara mengatasi stress  



Seiring perkembangan zaman yang semakin kompleks. maju dan perekonomian yang semakin sulit menuntut kita melakukan pekerjaan yang ekstra untuk menghasilkan penghasilan secara maksimal, dengan kondisi tersebut tak sedikit seseorang banyak mengalami stress atau beban pikiran yang luar biasa, stress juga dapat terjadi karena hal hal lain misalnya patah hati, memikirkan utang piutang maupun hal hal lain. Untuk mengatasi stress hinggap pada diri kita, banyak cara yang dapat diambil. Adapun cara mengatasi stress menurut alquran adalah sebagai berikut :


1. lakukan Shalat dan Istiqamah-lah dalam Shalat.
Yang menjadi pertanyaan disini adalah, shalat yang seperti apa yang dapat mencegah kita dari penyakit stres? Tentu saja shalat yang dilandasi dengan keimanan dan pengetahuan yang benar tentang shalat itu sendiri. Orang yang senantiasa mendirikan shalat, bukan hanya melaksanakan saja serta mengerti kandungan do’a di dalam shalat itu sendiri. Shalat tidak hanya sebagai rutinitas penggugur kewajiban, walau itu pun benar. Namun hendaknya kita pun tahu kebutuhan kita akan shalat. Cita-cita kita akan shalat. Adakah cita-cita kita dalam shalat? Tentu saja ada! Seperti hal umum lainnya, seperti kegiatan lainnya yang mempunyai cita-cita ke depan, tujuan yang hendak kita capai. Begitu pun dengan shalat, kita harus memiliki tujuan dan cita-cita ke depan. Kemudian dia menjaga, istiqamah dalam shalatnya tersebut.


2. Membiasakan bersikap peduli pada sesama.
Arti membiasakan bersikap peduli adalah kita senantiasa rajin memperhatikan mereka yang berada dibawah kita.( kemampuan seseorang yang berasda di bawah kemampuan kita) Kenapa seperti itu? Agar kita terhindar dari penyakit merasa selalu kekurangan dan agar kita tidak menyepelekan ni’mat yang telah diberikan Allah pada kita serta tentu saja kita terhindar dari penyakit keluh-kesah yang berimbas pada penyakit stres. Sekecil apapun harta yang kita miliki, jika kita membandingkannya dengan orang yg lebih rendah status sosialnya dengan kita, tentu kita akan merasa kaya, dan mendorong kita untuk senantiasa berbagi dengan mereka. Jika hal ini kita rasakan “merasa kaya” lalu menyisihkan bagian tertentu dari harta kita untuk mereka, Insya Allah kita terhindar dari penyakit ini.

3. Berdzikir dan selalu ingat hari pembalasan
Harus kita ingat bahwa akhirat lebih utama dari dunia. Sekecil dan sebesar apapun perbuatan kita, sekecil dan sebesar apapun yang kita lakukan, semuanya akan diperhitungkan dihari pembalasan nanti. Orang-orang yang senantiasa mengingat hari akhir, hari dimana segala perbuatan dipertanggungjawabkan tentu dia tidak akan merasa segala kegagalannya di dunia begitu berarti, karena yang dia harapkan adalah balasan disisi Allah dihari akhir nanti.

4. Memelihara nafsu syahwat.
Nafsu adalah suatu hal yang normal ada pada setiap manusia. Islam tidak mengajarkan untuk membunuh nafsu, namun Islam mengatur bagaimana agar nafsu tersebut termenej dengan baik, agar tidak keluar dari jalurnya, agar tidak melampaui batas yang telah ditentukan Allah dan Rasul-Nya. Orang yang mampu memenej syahwat dan menyalurkannya pada jalan yang telah ditetapkan Allah dan Rasul-Nya (pernikahan) dia akan merasa lebih aman, tenang dan tentram. Hidupnya tidak dibayangi ketakutan dan rasa bersalah telah melampiaskan syahwatnya ditempat yang bukan semestinya. Orang yang merasa aman, tenang, dan tentram tentu dia akan terhindar dari penyakit stress.

5. Menjaga Janji dan amanat yang diberikan.
Orang yang dapat dipercaya dan mampu menjaga kepercayaan yang diberikan oleh orang lain. Hidupnya akan lebih tentram dan damai. Dengan menjaga janji dan amanat yang diberikan pada kita, hidup akan tentram tanpa dibayangi perasaan bersalah karena telah mengkhianati amanat atau janji.

Dengan melakukan cara mengatasi stress seperti diatas, semoga kita dapat menghindarkan diri kita dari stress maupun menghilangkan stress bagi orang yang sering mengalaminya. Amien..



Link ke posting ini

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories



16 komentar : to “ cara mengatasi stress

Poskan Komentar