Search this blog


Home About Contact
Sabtu, 10 Oktober 2009

tips menghadapi suami pemarah  



Dalam biduk rumah tangga selalu terdapat suasana gembira, menyenangkan maupun pertengkaran. Hal terburuk dalam suatu rumah tangga adalah terjadinya suatu pertengkaran yang hebat dalam suatu rumah tangga. Pemicu salah satunya adalah suami yang mempunyai sifat pemarah dan kerap kali tak bisa mengendaikan amarahnya.. berikut ini sedikit tips menghadapi suami pemarah

• Pengaruh dari cara asuh
suami yang memiliki sifat temperamental mudah terpancing kemarahannya oleh situasi atau keadaan di luar keinginannya. Sepenggal kata atau intonasi bicara yang salah saja bisa menjadi bahan pertengkaran. Peter Andersen, Ph.D., penulis The Complete Idiot's Guide to Body Language mengatakan, sifat ini bisa disebabkan antara lain oleh faktor cara asuh yang diberlakukan dalam keluarga dan kebiasaan-kebiasaan yang berlaku di lingkungannya

Solusinya adalah: Sedapat mungkin buatlah kondisi rumah tangga menyenangkan, agar suami bisa merasakan kenyamanan, sehingga rasa ingin marah tidak mudah tersulut. Coba cari tahu lebih banyak lagi mengenai hal-hal dan situasi apa saja yang dapat membuatnya gembira, dan sebaliknya ketahuilah apa yang dapat membuatnya kesal.


• Ingin Mengungkapkan dengan Terus Terang
Ada hal positif yang bisa Anda dapatkan bila suami memiliki sifat temperamental. Sifat tersebut membuatnya selalu berterus terang dan jujur mengenai apa yang ia sukai maupun tidak. Hanya sayangnya cara ia mengungkapkan cenderung frontal sehingga kesan yang Anda tangkap adalah rasa tidak suka.

Solusinya adalah: atasilah dengan menganggapnya sebagai suatu kritikan untuk Anda. Percuma saja bila emosi Anda terpancing karena dia tidak akan mengubah pendapatnya, dan lebih buruk lagi, ia tak merasa salah!
• Ingin Diajak Bicara dengan Tenang
Saat suami sedang emosi percuma saja mendebatnya. Justru ia bisa semakin marah karena merasa 'ditantang' oleh Anda. Akibatnya Anda bisa ikutan 'panas', mengalah atau justru tidak mempedulikannya sama sekali. Pilihan ke-3 bahkan dapat membuatnya semakin menjadi-jadi. "Jika dibiarkan berlarut-larut keadaan psikis sang istri bisa terganggu dan pernikahan keduanya juga terancam,"

Solusinya adalah: mengajaknya bicara untuk menyelesaikan masalah yang menjadi pemicu kemarahannya tadi. Lakukanlah saat kemarahannya sudah reda. Gunakan gaya bicara yang halus agar emosinya tidak 'naik' lagi.

Coba terapkan tips menghadapi suami pemarah diatas dalam kehidupan rumah tangga anda, semoga amarah suami anda dapat di kendalikan sehingga biduk rumah tangga anda selalu diisi dengan keceriaan, kebahagian dan ketenteraman.



Link ke posting ini

What next?

You can also bookmark this post using your favorite bookmarking service:

Related Posts by Categories



27 komentar : to “ tips menghadapi suami pemarah

  • Rizky2009
    10 Oktober 2009 16.03  

    pertamax... mantab kawan infonya semoga nantinya aq g jd tp suami yg pemarah ama istri suatu saat nanti lw aq dah nikah, artikelnya bagus dan bermanfaat

    coment dan folow balik y lw smpat

  • asepblog'z
    10 Oktober 2009 21.17  

    klo tips buat ngadepin istri yang bawel dan cenburuan ada ga ya. . . . he . . he . .

    coment dan folow balik ya

  • Kalijaka
    10 Oktober 2009 21.38  

    info yang bagus nih untuk istri, betul itu ada gak tips tuk mengatasi istri yang bawel n cemburuan. Sebab ini penting juga lho agar suami tidak serba salah dengan skap istri

  • Kalijaka
    10 Oktober 2009 21.41  

    info yang bagus nih untuk istri, betul itu ada gak tips tuk mengatasi istri yang bawel n cemburuan. Sebab ini penting juga lho agar suami tidak serba salah dengan skap istri

  • Blog Bisnisku
    11 Oktober 2009 00.00  

    artikel yang menarik buat para istri yg punya suami pemarah

  • nada
    11 Oktober 2009 09.18  

    eh udah punya suami ya..hihi

  • narti
    11 Oktober 2009 10.53  

    semoga tidak seperti itu ya...
    makasih tipsnya.

  • rahasia yang terabaikan
    12 Oktober 2009 00.33  

    Wah kelak bini ku harus belajar gt nih?cz aku tu pemarah...hahaha...tp yang penting kan sayang?hehehe tanggung jawab dan anti kekerasan gitu...thanks!!!!

  • alex prayogo
    12 Oktober 2009 06.37  

    mantap info nya n tip n trick nya

  • asep canda
    12 Oktober 2009 07.36  

    bagus tipnya mbak evi untuk yang udah menikah hehehheeh

  • bangas
    12 Oktober 2009 07.46  

    potingan mu bagus sob..jadi bekal untuk ku ni..soale kan beristri harus modal mental juga.....sob tempa4 kyu lain kali ya...

  • Evan Ed Scence
    13 Oktober 2009 08.30  

    Emang susuah klo ngadapin orang yg temperamen bisa2 kita ikut2an temperamen..
    Bdewe emang repot nyatuin 2 nakhluk yg satunya make logika yg satu make perasaan..
    HiiiHii..
    Nice post friend

  • Indonesian Voices
    15 Oktober 2009 21.07  

    Hati-hati pilih suami, pilih yang sabar... hehehe

  • Anonim
    17 November 2009 18.16  

    bernada tinggi ketika bicara seakan membentakku. padahal suamiku tidak bermaksud membentak.

  • Anonim
    20 Juni 2010 11.26  

    gak semudah yang mbak bayangkan hadapi pasangan tempramen. kesabaran ada batasnya, dan jika orang pemarah selalu disabari akan semakin menjadi - jadi. apapun alasanya yang namanya kekerasan fisik maupun psikis adalah kejahatan. dan yang paling penting adalah bagaimana menimbulkan efek jera terhadap orang tempramental dan menyadarkan bahwa apapun alasanya marahnya itu adalah salah. dan cara kita adalah membangkitkan keberanian si istri untuk dapat menangkal kemarahan suami dengan cara taktis bukan selelu nrimo terus seperti falsafah jawa "surgo nunut neroko katut". tu adalah persepsi salah, cukup jangan teruskan usulan agar istri selelu diposisi salah.

  • rosta ernawaty
    23 Juli 2011 18.46  

    q memng ga sanggup lg mnghadapi sikap suamiku yg keras pemarah emotional,,,q bingung,,,q ingn sx punya suami yg bsa mmbuatku nyaman,,,q ingin suamiku bs berubah,,,,q mengasihinya...smg lwat tips diatas bs suamiku mengurangi sifatnya

  • Anonim
    26 Juli 2011 13.33  

    kalo nrimo....yg ada dia malah mrasa slalu benar...di ladeni malah tambah smakin kesurupan...serba salah..

  • Anonim
    20 Maret 2012 20.18  

    sya merasa serba salah, sya jg slalu mengalah. kadang saya pikir oercuma jg sya mau marah, suami g prnh menggubris kemarahan sya,(di cuekin aja). dia slalu merasa paling benar sendiri.

  • Aline
    19 April 2012 19.33  

    Kadang q merasa ini sudah menjadi takdir hidupku punya suami pemarah. Dia tak pernah merasa bersalah jika selesai membentak2 q. Apa yang dilakukannya selalu dia anggap benar. Jika q membela diri, yang ada q dibilang istri yang kurang ajar terhadap suami. Lewat psting ini q hanya bisa berdoa dan berharap, suatu saat nanti dia mendapat hidayah dari Allah. Hanya Dia Yang Maha Berkehendak.

  • armas961974
    3 Mei 2012 10.48  

    pakewoh pny suami kaya gitu ya ... anggap aja masuk kawah condrodimuko ...

  • obat tradisional ambeien
    4 Juni 2012 09.04  

    hhmm.... asal jangan sembari maen tangan sama kontes suara terkenceng aja, hehe

  • Heni
    14 Oktober 2012 21.19  

    Trims ats tips nya smga q di bri kekuatan dlm menghadapi suami tempramen.

  • via
    26 Mei 2013 15.57  

    klo suami q tempramen bgt mlh aq gak di anggapx ada,susah bgt.pdhl aq dah bxk ngalah...

  • linda
    1 Juni 2013 10.51  

    Sama sprt mb via,sy jg sdh srg mengalah.jdnya malah skrg sy sprt tdk dianggap sbg istri,tp sbg pelayannya dia yg hrs selalu diam & mengalah.apa2 dia ga cerita sm sy.tp kl sy ikut marah suami bs tmbh mrh.serba slh jdnya.kasian anak jd korban krn srg lht papanya teriak2 kl mrh smp kdg anak jd trauma sm papanya.

  • Evi Yulianti
    6 Juni 2013 02.45  

    all : thanks untuk semua komentar pada postingan tips menghadapi suami pemarah ini.. coba terapkan tips diatas dengan baik insya allah akan merubah kondisi keluarga anda.. amiin.

    untuk via dan linda coba ajak komunikasi suami anda secara intens,ajak shalat berjamaah dan bahas apa yang selama ini menjadikan suami anda marah,semoga dapat membantu untuk keluarga anda.

Poskan Komentar